bandros

Cara Membuat Bandros Enak Seperti Aslinya

Posted on

Cara membuat bandros enak seperti aslinya- Bandros merupakan salah satu makanan tradisional legendaris yang berasal dari tanah Pasundan. Di daerah asalnya sana, kue ini cukup mudah ditemukan. Pasalnya para pedagang bandros biasanya berkeliling pemukiman dengan memikul dagangannya. Selain dibawa keliling pemukiman penduduk, bandros juga dijajakan di tempat-tempat keramaian. Tak perlu khawatir dengan harganya. Karena harga bandros terbilang murah meriah. Hal ini pulalah yang membuat bandros selalu menjadi jajanan favorit masyarakat.

Baca juga: Cara Membuat Rendang Ayam Kampung Enak Di Setiap Gigitan

Hal menarik dari penjual bandros tradisional adalah cara mereka menarik perhatian calon pembeli. Mereka menggunakan kayu bakar yang dibelah kecil-kecil untuk memasak bandros. Dengan begitu, asap dapat keluar saat bandros dimasak.

Bandros dibuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan santan sehingga rasanya sangat gurih. Selain itu, rasa campuran dari santan dan kelapa pada bandros ini sangatlah terasa. Rasa gurih pada bandros ini biasanya dipadukan dengan manisnya taburan gula pasir yang ada di atasnya. Gurihnya Bandros dengan manisnya gula pasir memang campuran yang sempurna. Kamu bisa menikmati bandros bersama teh hangat atau kopi saat sore hari.

bandros

Bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 150 gram kelapa setengah tua, parut
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 250 ml air

Taburan:

  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

  1. Pertama, masukkan 150 gram tepung beras, kelapa parut, gula pasir, dan garam ke dalam baskom. Kemudian aduk-aduk adonan sampai berbulir-bulir. Sisihkan.
  2. Kemudian masukkan 50 gram tepung beras dan santan ke dalam panci. Aduk hingga rata. Kemudian masukkan pula daun pandan ke dalam panci. Masak dengan api kecil sampai menjadi bubur. Setelah menjadi bubur, tuang adonan ini ke dalam adonan campuran tepung beras dan kelapa pada langkah 1. Uleni dengan sendok kayu sampai rata.
  3. Tambahkan air, kemudian aduk sampai rata.
  4. Masukkan telur, kemudian aduk kembali sampai rata.
  5. Panaskan cetakan bandros atau pukis. Olesi cetakan tersebut dengan margarin. Olesan margarin ini cukup tipis saja. Setelah itu, tuang adonan bandros ke dalam cetakan. Tutup cetakan tersebut dan tunggu sampai bandros matang.
  6. Setelah matang, angkat badros dari cetakan. Kemudian taburi dengan gula pasir. Bandros siap untuk disajikan bersama teh hangat.

Sekian resep mengenai cara pembuatan bandros yang enak seperti aslinya. Sekilas bentuk bandros seperti pukis. Namun sebenarnya kedua cemilan ini sangatlah berbeda. Baik dari segi rasa dan cara pembuatannya. Bandros meempunyai rasa gurih, sedangkan pukis bercita rasa manis. Ngomong-ngomong soal kue pukis, kamu bisa juga loh kalo mau membuat kue pukis dengan resep yang ada di website ini. Silahkan simak resepnya di Resep Rahasia Membuat Pukis Enak, Empuk, dan Anti Bantet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *