bubur sumsum

Cara Membuat Bubur Sumsum Manis Gurih Dan Tidak Menggumpal

Posted on

Cara membuat bubur sumsum manis gurih dan tidak menggumpal- Bubur sumsum atau disebut juga dengan nama bubur lemu, bubur saring, atau bubur tepung beras merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang selalu mempunyai tempat di hati orang Indonesia, mulai dari kalangan anak kecil hingga kalangan orang dewasa. Bahan dasar pembuatan bubur sumsum adalah tepung beras. Tepung beras diolah bersama dengan santan sehingga cita rasa bubur sumsum menjadi gurih. Biasanya bubur sumsum disajikan bersama kinca atau saus gula merah yang manis. Perpaduan gurih dari bubur sumsum dengan manisnya kinca gula merah menjadikan makanan ini sangat nikmat. Selain rasanya yang gurih-manis, bubur sumsum juga mempunyai tekstur yang sangat lembut.

Saya memiliki beberapa tips membuat bubur sumsum biar nggak menggumpal. Pertama, gunakan tepung beras yang masih bagus kualitasnya. Ciri tepung beras yang masih bagus adalah tidak berbau apek, jadi silahkan cium aromanya terlebih dahulu sebelum digunakan. Kedua, gunakan santan dengan kekentalan sedang (tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer). Santan yang terlalu kental membuat bubur sumsum menjadi berminyak dan menggumpal. Santan yang terlalu encer membuat bubur sumsum rasanya kurang gurih. Ketiga, campur tepung dengan air terlebih dahulu sebelum menyalakan api. Jadi cek dulu apakah sudah tercampur secara rata atau belum. Jika sudah tercampur secara merata baru nyalakan api. Keempat, semakin kental bubur sumsum maka pengadukannyapun harus semakin cepat pula. Semakin lama bubur sumsum dimasak, maka bubur sumsum akan semakin mengental. Nah ketika kondisi sudah seperti ini, maka pengadukan tidak boleh berhenti dan harus semakin cepat. Jangan lupa, aduk sampe bagian bawah panci ya agar tidak gosong.

bubur sumsum

Bahan:

  • 100gr tepung beras putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 130 ml santan instan
  • 650 ml air

Bahan kinca gula merah:

  • 150 gr gula merah
  • 200 ml air
  • ⅓ sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Cara membuat:

Bubur sumsum:

  1. Masukkan tepung beras putih, garam, gula pasir, daun pandan, santan, dan air ke dalam panci. Aduk hingga tercampur rata, halus, dan tidak bergerindil.
  2. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk. Aduk lebih cepat jika adonan sudah mulai berat. Jika ada yang bergerindil, angkat panci dari kompor dan aduk hingga tekstur bubur halus.Masak kembali hingga meletup-letup.
  3. Sajikan bubur sumsum dengan kinca gula merah.

Kinca gula merah:

  1. Masukkan gula merah, air, garam, dan daun pandan ke dalam panci.
  2. Masak sampai gula merah larut.
  3. Kinca gula merah siap untuk digunakan.

Setelah membaca bahan yang diperlukan, cara membuat, dan tips bubur sumsum anti menggumpal, tidak ada alasan lagi kan bagi Anda untuk membuat sendiri di rumah. Jika Anda membuat sendiri di rumah, Anda bisa mempunyai beberapa keuntungan yaitu Anda bisa menjamin bahan yang digunakan bagus, alat dan proses pembuatan higenis, dan yang terakhir adalah lebih menghemat pengeluaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *