dadar gulung isi unti kelapa

Cara Membuat Dadar Gulung Isi Unti Kelapa Enak dan Legit

Posted on

Cara membuat dadar gulung isi unti kelapa enak dan legit- Dadar gulung merupakan kue tradisional Indonesia yang masih tetap eksis di tengah merebaknya kue kekinian. Hal ini terbukti dari masih dipergunakannya dadar gulung sebagai sajikan ketika ada acara di rumah. Misalnya arisan, hajatan, atau kumpul bersama keluarga besar.

Dadar gulung merupakan cemilan berupa unti kelapa yang dibalut dengan kulit berwarna hijau, berpori, dan bertekstur lembut. Warna hijau pada kulit dadar gulung ini diperoleh dari pasta pandan yang dicampurkan pada adonan kulit. Tapi pada resep kali ini, saya tidak menggunkaan pasta pandan. Saya menggunakan pewarna hijau sebagai pengganti pasta pandan. Biasanya unti kelapa isian dadar gulang terbuat dari kelapa parut yang dimasak bersama gula jawa. Namun, pada resep dadar gulung ini menggunakan gula pasir sebagai pengganti gula jawa. Rasanya tetap enak seperti unti dengan gula jawa.

Ketika membuat kulit dadar gulung, kamu harus memperhatikan beberapa tips agar kulit dadar guling cantik, berpori, dan tidak mudah pecah. Pertama, usahakan adonan kulit dadar gulung tidak terlalu kental. Apabila adonan dadar gulungnya terlalu kental, kulit dadar gulung akan menjadi mudah sobek dan pecah. Jumlah adonan yang dituang pada teflon juga harus disesuaikan dengan besar dan lebarnya kulit yang akan kita buat nanti. Kedua, saring adonan dadar gulung agar diperoleh kulit dadar gulung lembut dan tidak mudah robek. Ketiga, teflon yang digunakan harus dalam kondisi benar-benar panas ketika adonan kulit dadar di tuang pada tefon. Perbedaan suhu panas pada teflon dan adonan dadar gulung ini akan membuat kulitnya lebih lembut dan berlubang lubang atau berpori. Keempat, setelah dituang diatas teflon, api harus segera dikecilkan. Hal ini dilakukan agar kulit dadar gulung tidak terlalu gosong dan warnanya cantik. Kelima, gunakan teflon anti lengket dan lapisi dengan sedikit margarin.

Segera isi kulit dadar gulung dengan bahan unti kelapa ketika masih dalam keadaan hangat. Hal ini dikarenakan kulit dadar gulung yang masih dalam keadaan hangat akan lebih mudah dibentuk dan hasilnya pun lebih rapi. Gunakan kelapa yang tidak terlalu tua ataupun tidak terlalu muda. Selain itu, kelapa sebaiknya diparut agak memanjang.

dadar gulung isi unti kelapa

Bahan kulit:

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 300 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 4 tetes pewarna hijau

Bahan isian (unti kelapa):

  • 150 gram kelapa parut kasar
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram gula pasir
  • 100 ml air

Cara Membuat:

Kulit:

  1. Masukkan tepung terigu dan garam ke dalam baskom, kemudian aduk hingga terigu dan garam tercampur sempurna.
  2. Tambahkan telur dan santan sedikit demi sedikit. Aduk kembali sampai licin.
  3. Tambahkan pewarna hijau, kemudian aduk kembali hingga pewarna hijau tercampur rata dalam adonan.
  4. Panaskan teflon, kemudian tuang 1 sendok sayur adonan ke dalam telfon. Buat dadaran tipis di teflon tersebut.

Isian:

  1. Campur kelapa parut, daun pandan, garam, gula pasir, dan air.
  2. Masak sambil terus diaduk sampai meresap.

Penyelesaian:

  1. Ambil selembar kulit dadar gulung. Letakkan unti kelapa di atasnya. Lipat sisi bagian kiri dan kanannya, kemudian gulung. Ulangi langkah ini hingga habis.
  2. Dadar gulung siap untuk disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *