Cara membuat gemblong

Cara Membuat Gemblong Empuk dan Lezat

Posted on

Cara membuat gemblong empuk dan lezat – Gemblong merupakan salah satu makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan satu ini sudah sejak lama di kenal secara akrab oleh masyarakat Jawa, Sunda, dan Betawi. Gemblong merupakan makanan atau kue yang berbahan dasar adonan tepung beras ketan putih yang diuleni hingga kalis kemudian dibentuk bulat seperti bola. Setelah dibentuk bulat seperti bola, adonan kemudian digoreng dan dilapisi dengan larutan gula aren setelah dingin. Di daerah Jawa Timur gemblong dikenal dengan nama Getas. Meskipun getas memiliki rasa yang sama dengan gemblong, namun getas terbuat dari ketan hitam, sedangkan gemblong terbuat dari ketan putih.

Makanan tradisional yang satu ini memang tidaklah sepopuler makanan tradisional lainnya, terlebih lagi jika dibandingankan dengan makanan western. Namun, bukan sesuatu hal yang memalukan apabila anda mengkonsumsi makanan satu ini. Anda harusnya malah merasa bangga karena dengan mengkonsumsi makanan satu ini anda dapat melestarikan masakan asli nusantara. Anda mungkin akan kesulitan mencari tempat menjual gemblong karena makanan ini sudah tergeser oleh makanan kekinian yang sedang hits. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya kita buat sendiri gemblong yang empuk dan lezat di rumah. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan artikel mengenai cara pembuatan gemblong yang empuk dan lezat dengan bahan dasar tepung ketan putih. Namun, tidak menutup kemungkinan jika anda ingin membuat gemblong yang empuk dan lezat dengan menggunakan bahan dasar tepung ketan hitam atau menggunakan bahan dasar dengan menadukan antara tepung ketan hitam dengan tepung ketan putih.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 1/2 butir kelapa setengah tua, parut
  • 150 ml santan hangat
  • 1/2 sdt garam

Besta gula:

  • 75 gram gula pasir
  • 75 gram gula aren
  • 70 ml air, bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera

Langkah membuat:

  1. Masukkan tepung ketan, garam, dan kelapa parut ke dalam wadah yang besih, kemudian aduk hingga rata
  2. Tambahkan santan hangat sedikit demi sedikit. Aduk hingga rata, kemudian padatkan.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat kemudian pipihkan. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.
  4. Goreng adonan dalam minyak panas hingga matang kedua sisinya dengan api sedang. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Buat besta gula: Masukkan gula pasir, gula aren, dan air ke dalam wajan. Setelah itu, panaskan hingga gula larut seluruhnya dan berbusa banyak (ketika diaduk sedikit berambut).
  6. Masukkan gemblong ke dalam wajan berisi besta gula. Aduk dengan cepat hingga rata dan karamelnya mengkristal. Setelah itu, angkat dan sajikan.

Auto Backlink Gratis: Top Situs Social Borkmarking Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *