kembang goyang rainbow

Cara Membuat Kembang Goyang Rainbow Enak dan Renyah

Posted on

Cara membuat kembang goyang rainbow enak dan renyah- Kembang goyang merupakan salah satu Kembang goyang adalah cemilan tradisional yang berasal dari Betawi. Kue ini biasanya disajikan pada saat hari raya Idul Fitri dan acara-acara hajatan lainnya. Kue ini juga dikenal dengan nama kue kembang loyang atau kue loyang oleh masyarakat Sumatera. Kembang goyang ini juga kerap dijadikan salah satu isi sesajian di hari raya keagamaan orang Hindu, seperti saat hari raya Nyepi.

Kue yang berbahan dasar tepung beras ini disebut kembang goyang karena bentuknya seperti kelopak bunga atau kembang dan proses pembuatannya yang digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Biasanya kue ini berwarna kuning keemasan, tapi biar gak bosan jadi kita buat kue kembang goyang yang berwarna-warni. Pada dasarnya, pembuatan kembang goyang rainbow sama dengan pembuatan kembang goyang pada umumnya. Perbedaannya hanya pada penambahan pewarna makanan. Kamu bisa menggunakan pewarna alami seperti daun pandan. Atau juga bisa menggunakan pewarna makanan yang dijual di toko.

kembang goyang rainbow

Bahan:

  • 2 Butir telur ayam ukuran sedang
  • 100 gr tepung beras
  • 50 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung tapioka/sagu
  • 1 sdm gula pasir
  • 175 ml santan sedang
  • 1/2 sdt garam
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng
  • Pewarna makanan sesuai selera

Cara Membuat:

  1. Masukkan telur dan gula pasir ke dalam baskom. Mixer hingga adonan mengembang. Pengocokan dengan mixer ini tidak perlu sampai adonan kaku seperti ketika membuat bolu.
  2. Masukkan tepung beras, tepung tapioka/sagu, dan garam. Aduk adonan menggunakan spatula.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Usahakan adonan tidak bergerindil. Saring jika diperlukan.
  4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian. Aduk kembali masing-masing adonan hingga tercampur rata.
  5. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng dengan api kecil saja. Letakkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak goreng.
  6. Setelah minyak goreng panas, ambil cetakan dari wajan dan segera celupkan cetakan ke dalam adonan kembang goyang. Ingat jangan sampai permukaan cetakan ikut dicelupkan karena adonan akan menempel di bagian atas dan pada saat digoreng kembang goyang akan susah lepas dari cetakan.
  7. Segera celupkan cetakan tadi ke dalam minyak panas sambil digoyang-goyang. Kembang goyang nantinya akan terlepas dengan sendirinya.
  8. Goreng kembang goyang hingga matang. Setelah matang, angkat kembang goyang dan tiriskan. Biarkan hingga kembang goyang dingin.
  9. Setelah dingin, masukkan kembang goyang ke dalam toples kedap udara agar kembang goyang tetap renyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *