kremesan

Cara Membuat Kremesan yang Lembut dan Super Renyah

Posted on

Cara membuat kremesan yang lembut dan super renyah Pasti udah gak asing lagi kan dengan kremesan? Yaps, biasanya kremesan ini dihidangkan bersama lele goreng, ayam goreng, atau ikan goreng. Dengan adanya kremesan bersama lele goreng, ayam goreng, atau ikan goreng ini menjadikan makanan tersebut lebih enak sehingga tak mengherankan jika membuat orang ketagihan.

Anda sering ketagihan untuk makan kremesan? Pengen tahu gimana cara membuatnya? Bagaimana tipsnya agar kremesan yang enak, lembut, dan super renyah? Tenang, pertanyaan Anda tersebut akan terjawab di sini. Nah, cara pembuatan kremesan ini memang terlihat susah, tapi sebenarnya gampang kok. Kunci pembuatan kremesan agar tidak gagal adalah takaran untuk membuat kremesan ini harus sesuai, jadi jangan mencoba untuk mengira-ira ya. Selain itu, api yang digunakan jangan terlalu besar ya dan jangan buru-buru dalam ngucurin adonan kremesan. Jadi, intinya adalah butuh kesabaran.

kremesan

Bahan:

  • 125 tepung sagu (ingat yang tulisannya sagu ya bukan tapioka)
  • 2 sdm munjung tepung beras
  • 1 btr telur
  • 350 ml air sisa ungkepan ayam yang sudah disaring atau air biasa tambah bumbu instan ayam goreng
  • 1 sdt baking soda
  • 350 ml minyak goreng secukupnya
  • Kaldu ayam secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan tepung sagu dan tepung beras ke dalam baskom atau wadah yang bersih.
  2. Tambahkan air sisa ungkepan ayam sambil diaduk. Aduk terus adonan hingga tidak ada yang bergerindil.
  3. Masukkan telur dan kaldu bubuk, kemudian kocok sampai tercampur merata
  4. Panaskan minyak goreng sebanyak kurang lebih 350 ml. Bisa ditambah atau dikurangi tergantung ukuran kremesan yang akan dibuat. Semakin banyak minyak goreng yang digunakan maka semakin besar ukuran kremesan.
  5. Sambil menunggu minyak goreng panas, tambahkan baking soda pada adonan kremesan. Aduk adonan hingga rata.
  6. Masukkan adonan pada botol air minum yang sudah dilubangi bagian tutupnya. Anda juga bisa menggunakan centong, tetapi Anda harus hati-hati dan menuangnya sedikit demi sedikit kalau pakai centong.
  7. Setelah minyak panas, tuang adonan kucurkan adonan dari atas dengan gerakan memutar. Tunggu sebentar ketika minyak menjadi berbuih. Lihat bentuk kremesan, jika kremesan belum berbentuk bulat atau masih terdapat lubang-lubang maka kucuri lagi bagian kremesan yang masih bolong.
  8. Setelah kremesan setengah kering, kecilkan api dan lipat kremesan. Biarkan kremesan hingga kering yang ditandai dengan minyak sudah tidak berbuih kembali. Setelah kering, angkat kremesan dan tiriskan.

Pada kesempatan kali ini saya juga akan memberikan tips membuat kremesan yang enak, lembut, dan super renyah. Pertama, adonan kremesan terbuat dari tepung kanji. Agar menghasilkan rasa gurih, tambahkan bumbu seperti garam, bawang putih, kemiri, serta kunyit sebagai pewarna kuning pada kremesan. Kedua, gunakan kaldu ayam agar rasanya menjadi jauh lebih enak, gurih, dan berasa ayam banget walau gak makan ayam. Jika Anda menginginkan kremesan lebih empuk, tambahkan pula kuning telur. Ketiga, gunakan wajan anti lengket dan minyak panas ketika menggoreng kremesan. Penggunaan wajan anti lengket ini bertujuan agar kremesan tidak menempel di dasar wajan. Penggorengan adonan kremesan ketika minyak dalam keadaan panas bertujuan membentuk serabut-serabut atau jarring-jaring. Jika digoreng dalam keadaan belum panas akan menyebabkan kremesan lembek dan bentuknya juga kurang bagus. Keempat, simpan kremesan ke dalam wadah yang kedap udara agar kerenyahannya tetap terjaga. Jika dibiarkan di tempat terbuka, maka kremesan akan menjadi alot dan lembek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *