cara membuat kue dorayaki

Cara Membuat Kue Dorayaki Enak dan Mudah

Posted on

Cara membuat kue Dorayaki dari Jepang yang enak dan mudah – Apabila berbicara tentang dorayaki, apa yang ada di benak Anda? Pasti anda teringat pada film kartun Jepang Doraemon ya? Yaps, di film Doraemon tersebut, robot berbentuk musang dari abad 21 ini merupakan robot yang sangat senang dengan dorayaki.
Dorayaki merupakan kue tradisional dari Jepang (wagashi) yang berbentuk sedikit tembem. Kue ini dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip dengan castella karena adonan dorayaki diberi madu.

Asal mula nama kue dorayaki karena bentuk kue ini mirip dengan gong yang dalam bahasa Jepangnya adalah dora. Menurut cerita lain, pencipta kue dorayaki adalah samurai bernama Saito Musashibo Bankei. Hal ini bermula ketika Bakei mengalami luka-luka sehingga mengharuskan ia dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh dari luka-luka, Bankei membuat kue sebagai ucapan terima kasih dan untuk membalas kebaikan penduduk tersebut. Bankei membuat kue dorayaki tersebut dengan memanggang adonan dari campuran air dan tepung terigu di atas gong. Dan hasilnya berupa kue bundar berisi selai kacang merah.

Bentuk kue dorayaki dulu berbeda dengan bentuk kue dorayaki yang kita tahu sekarang ini. Pada mulanya, berbentuk segi empat dan dibagian tengah kue diberi selai kacang azuki. Hal ini karena dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat. Kemudian pada tahun 1914, perusahaan kue Usagiya membuat inovasi terhadap dorayaki. Dorayaki buatan perusahaan tersebut terbuat dari adonan castela dan terdiri dari dua lembar penekuk. Setelah itu, dorayaki yang terdiri dari dua lembar panekuk dan berbentuk bundar menjadi popular di seluruh Jepang. Kue dorayaki dikenal dengan nama mikasa di daerah Kansai (Osaka atau Nara).

Pada artikel kali ini, kita akan berbagi tentang cara membuat kue Dorayaki yang enak. Pada pembuatan kue Dorayaki kali ini, kita menggunakan filling kacang merah, talas, dan selai coklat. Namun, filling ini dapat diganti sesuai dengan selera Anda. Misalnya Anda menggunakan selai nanas, selai stroberry, selai surikaya, taburan messes dan keju.

Bahan:

  • 150 gram terigu berprotein sedang
  • 1 sendok makan madu
  • 75 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 50 mL air matang
  • ¼ sendok teh baking soda
  • Sejumput garam

Filling:

  • Filling bisa diberi kacang merah, talas, selai coklat atau yang lain sesuai selera Anda.

Cara Membuat kue dorayaki:

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah mencampurkan tepung terigu dan baking powder. Kemudian ayak campuran tersebut.
  2. Masukkan gula pasir, telur, madu, dan garam ke dalam wadah yang bersih. Kocok campuran tersebut hingga berbusa dan gula pasir larut seluruhnya. Kemudian masukkan tepung yang telah diayak tadi. Tambahkan air, kemudian aduk hingga tercampur merata. Jika sudah tercampur merata, diamkan selama 10-15 menit (diamkan hingga pada adonan muncul gelembung-gelembung kecil).
  3. Panaskan cetakan dorayaki atau teflon. Masukkan 1 sendok sayur adonan dorayaki ke dalam cetakan dorayaki atau Teflon. Perlu diingat bahwa adonan harus diaduk sebelum dimasukkan ke dalam cetakan dorayaki atau teflon. Masak dorayaki dengan api kecil. Balik adonan apabila sudah muncul gelembung. Diamkan sebentar kemudian angkat.
  4. Ambil 2 buah dorayaki. Salah satu dorayaki diberi filling sesuai selera Anda lalu ditangkupkan dengan dorayaki yang lain.

Auto Backlink Gratis: Top Situs Social Borkmarking Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *