kulit kebab

Cara Membuat Kulit Kebab Enak Ala Turki

Posted on

Cara membuat kulit kebab enak ala turki- Kebab merupakan makanan dari timur tengah yang sedang hits di Indonesia. Selain para kaum remaja dan anak-anak, tak sedikit pula para orang tua yang menyukai makanan ini. Sehingga tak heran juga kan kalo banyak kedai yang menjajakan makanan dari timur tengah ini.

Seringkali orang-orang membeli kulit kebab atau tortila ketika akan membuat kebab karena ingin praktis. Tapi apa kamu bisa menjamin bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kulit kebab tersebut berkualitas? Maka dari itu, tak ada salahnya juga kalo kamu membuat sendiri di rumah.

Baca juga : Cara Membuat Belut Kuah Kuning Kemangi Lezatnya Nendang

Bahan dasar pembuatan kulit kebab adalah tepung terigu berprotein sedang atau tepung terigu dengan merk segitiga biru. Selain tepung terigu, bahan-bahna lain yang diperlukan untuk membuat kulit kebab adalah margarin, baking powder, susu cair, dan olive oil. Pada pembuatan kulit kebab pada resep ini tidak menggunakan garam, karena sudah menggunakan margarin. Susu cair yang digunakan disini adalah susu cair panas, bukan susu cair hangat. Jika tidak ada olive oil, kamu bisa menggunakan minya goreng sebagai pengganti olive oil.

Sebelum disimpan, pastikan bahwa kulit kebab sudah benar-benar dingin. Setelah dingin, alasi masing-masing kulit kebab dengan plastik dan beri sedikit taburan tepung agar kulit kebab tidak berjamur jika disimpan terlalu lama. Tapi kalau hanya disimpan selama beberapa hari, maka kulit kebab tidak perlu diberi taburan tepung.

Untuk penyimpanannya, masukkan kulit kebab ke dalam tempat yang tertutup rapat. Setelah itu, simpan ke dalam lemari es. Tidak perlu disimpan di freezer.

kulit kebab

Bahan:

  • 250 gr tepung terigu berprotein sedang
  • 45 gr margarin
  • 1/2 sdt baking powder
  • 145 ml susu cair panas
  • 1 sdm olive oil

Cara Membuat:

  1. Masukkan tepung terigu berprotein rendah dan margarin ke dalam baskom. Kemudian aduk-aduk hingga rata.
  2. Masukkan baking powder, kemudian aduk-aduk.
  3. Tuang sedikit demi sedikit susu cair panas ke dalam adonan. Aduk dan uleni hingga kalis. Mixer sebentar adonan dengan kaki spiral agar permukaan kebab nanti lebih bagus dan halus.
  4. Uleni kemali adonan sambil tambahkan olive oil pada sedikit bagian permukaan adonan agar permukaan tdk kering. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah adonan menjadi lebih elastis, bagi adonan masing-masing 26 gr. Setelah itu, tipiskan masing-masing adonan dengan diameter kurang lebih 16 cm.
  6. Panaskan teflon dengan api kecil, kemudian letakkan satu lembar adonan kulit kebab ke dalam teflon. Masak sambil di bolak balik. Usahakan kulit kebab jangan sampai terlalu kering. Angkat. Ulangi langkah ini sampai adonan kulit kebab habis.
  7. Diamkan sampai semua kulit kebab benar-benar dingin, kemudian simpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Cukup mudah bukan cara pembuatan kulit kebab ini? Selamat mencoba membuat kulit kebab di rumah ya. Resep di atas bisa digunakan untuk membuat 16 lembar kulit kebab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *