cara membuat pisang gapit

Cara Membuat Pisang Gapit Khas Samarinda Bersaus Legit Dan Wangi

Posted on

Cara membuat pisang gapit khas Samarinda bersaus legit dan wangi – Jika Anda sedang jalan-jalan di Samarinda, jangan lewatkan untuk mencicipi salah satu kuliner yang ada di sana, yaitu pisang gapit. Pisang gapit ini juga terkenal di daerah Kalimantan Timur lainnya, misalnya Balikpapan. Seperti namanya, pisang gapit merupakan masakan olahan yang berbahan dasar pisang. Pisang yang digunakan untuk membuat pisang gapit ini merupakan pisang yang biasa digunakan untuk membuat pisang goreng. Misalnya pisang kepok, pisang tanduk, dan pisang sanggar. Dalam proses pengolahannya, pisang dikupas kulitnya kemudian dipanggang dengan cara dijepit. Setelah matang, pisang kemudian dicampur dengan saus manis yang terbuat dari gula jawa dan bahan lainnya.

Untuk Anda yang ingin menikmati pisang gapit, tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Samarinda atau Balikpapan. Anda cukup membuatnya sendiri di rumah. Anda tidak tau gimana cara membuatnya? Tenang, disini saya akan memberikan resep mengenai cara membuat pisang gapit khas Samarinda yang bersaus legit dan wangi. Cara membuatnya mudah kok, jadi Anda tetap bisa membuatnya sendiri mesikipun Anda bukan orang yang bisa memasak.

Pada resep cara membuat pisang gapis khas Samarinda ini, pisang yang digunakan adalah pisang kapok. Dan untuk sausnya, menggunakan gula aren sebagai pengganti gula jawa.

Bahan:

  • Pisang kepok tua matang
  • Margarin secukupnya
  • Keju cheddar secukupnya untuk taburan
  • Susu kental manis secukupnya

Saus:

  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 100 gram gula aren
  • 3 sdm gula putih
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara membuat pisang gapit:

  1. Saus: Masukkan santan, gula aren, dan gula putih ke dalam panci. Masak dengan api kecil hingga gula larut sempurna. Tambahkan daun pandan dan garam, kemudian aduk-aduk agar santan tidak pecah. Tambahkan maizena, kemudian aduk hingga kental. Jika sudah kental, matikan api dan sisihkan.
  2. Tekan pisang beserta kulit dengan menggunakan telenan.
  3. Buka kulit pisang, kemudian panggang pisang di atas teflon yang sudah dioles dengan margarin hingga matang kedua sisinya.
  4. Setelah pisang matang kedua sisinya, angkat kemudian potong-potong.
  5. Sajikan pisang dengan saus, parutan keju, dan susu kental manis.

Auto Backlink Gratis: Top Situs Social Borkmarking Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *