rengginang

Cara Membuat Rengginang Homemade Enak Gurih dan Renyah

Posted on

Cara membuat rengginang homemade enak, gurih, dan renyah- Rengginang merupakan cemilan tradisional yang legedenda karena sudah dikenal dan populer sejak dahulu. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat cemilan satu ini cocok sebagai teman saat sedang nonton televisi atau bersantai bersama keluarga di rumah.

Cemilan sejenis kerupuk tebal ini terbuat dari bahan dasar beras ketan. Kamu bisa menggunakan beras ketan putih, beras ketan hitam, atau mencampurkan beras ketan hitam dengan beras ketan putih. Berbeda dengan jenis kerupuk yang lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran ketannya masih tampak.

Di pasaran, kamu bisa membeli rengginang dalam kondisi siap goreng dan ada pula yang dijual dalam kondisi siap makan. Namun, kebanyakan yang dijual dipasaran adalah rengginang dalam kondisi siap goreng. Meskipun begitu tak ada salahnya juga kalo kamu membuat sendiri rengginang di rumah. Cara pembuatannya sangat mudah. Beras ketan dikukus terlebih dahulu, kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Jika sudah kering, rengginan mentah kemudian digoreng dengan minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Resep selengkapnya mengenai cara pembuatan rengginang homemade yang enak, gurih, dan renyah dapat kamu simak selengkapnya di bawah ini.

rengginang

Bahan:

  • 500 gram beras ketan, cuci bersih
  • 750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Masukkan air ke dalam dandang, kemudian panaskan hingga air dalam dandang mendidih.
  2. Setelah air dalam dandang mendidih, kukus beras ketan ke dalam dandang selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, angkat dan sisihkan.
  3. Campurkan santan, garam, dan bawang putih. Setelah itu, masukkan beras ketan ke dalam santan. Aduk hingga rata dan biarkan sebentar hingga santan terserap habis.
  4. Kukus kembali ketan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, angkat.
  5. Siapkan rak atau nampan yang lebar. Bentuk ketan menjadi bulat agak melebar. Ketan agak sedikit ditekan agar rata dan rapi. Jika kesusahan, kamu bisa menggunakan bantuan alat agar bisa bulat dan rapi. Lakukan langkah ini hingga ketan habis.
  6. Jemur rengginang basah di bawah sinar matahari langsung hingga ketan kering.
  7. Goreng rengginang yang sudah kering. Masukkan rengginang ke dalam wadah yang kedap udara. Rengginang siap untuk disajikan sebagai suguhan istimewa.

Jika kamu suka, kamu juga bisa menambahkan terasi pada adonan rengginang agar rasa rengginang seperti ada udangnya. Selamat mencoba membuat rengginang di rumah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *