roti tawar

Cara Membuat Roti Tawar Homemade Enak Empuk dan Lembut

Posted on

Cara membuat roti tawar homemade enak, empuk, dan lembut- Roti tawar merupakan makanan favorit sebagai menu sarapan. Rasanya yang enak dengan tekstur yang empuk dan lembut membuat banyak orang menggemari roti tawar. Biasanya roti tawar disajikan bersama aneka macam selai agar rasanya semakin nikmat. Selain enak, roti tawar juga mempunyai kandungan serat, karbohidrat, dan protein yang tinggi.

Saat ini, roti tawar memang mudah didapatkan. Hampir di setiap toko bahan makanan menjual roti tawar. Namun tidak ada salahnya juga sesekali kita membuat roti tawar sendiri di rumah. Dengan cara membuat roti tawar yang benar dijamin deh hasilnya pasti lembut dan enak, nggak kalah dari produksi pabrikan.

Pembuatan roti tawar memang susah susah gampang. Biasanya penyebab gagalnya pembuatan roti tawar karena adonan kurang mengembang. Adonan yang kurang mengembang ini disebabkan oleh ragi yang tidak aktif. Hal ini terjadi karena waktu fermentasi kurang atau adonan tidak elastis. Jika roti yang dihasilkan keriput, maka ini dikarenakan waktu fermentasi terlalu lama serta cairan terlalu banyak dibandingkan dengan tepung. Jika roti tawar yang dihasilkan terlihat pucat, itu dikarenakan suhu api yang kurang panas, gula yang kurang takarannya atau mungkin lupa ditambahkan, pengolesan dengan mentega kurang tebal. Apabila roti tawar yang dihasilkan terdapat bagian tengah yang tidak matang, hal itu disebbakan karena api yang terlalu kecil atau proses pemanggangan terlalu cepat.

roti tawar

Bahan:

  • 270 gr tepung komachi (bisa diganti dengan tepung cakra)
  • 30 gr tepung terigu kunci biru
  • 25-30 gr gula pasir
  • 10 gr susu bubuk dancow
  • 30 gr salted butter elle vire
  • 3-5 gr garam
  • 200-210 ml susu cair bendera full cream dingin
  • 5 gr fermipan

Cara membuat:

  1. Ambil sebagian susu cair, kemudian hangatkan saja dan jangan sampai mendidih.
  2. Tambahkan sedikit gula pasir dan fermipan, kemudian aduk hingga rata dan tunggu hingga berbuih.
  3. Masukkan tepung komachi, tepung terigu kunci biru, susu bubuk, gula pasir dan fermipan yang sudah dibiangkan tadi ke dalam mixer bowl, kemudian mixer hingga rata.
  4. Tambahkan susu cair, kemudian mixer kembali hingga setengah kalis.
  5. Tambahkan butter dan garam, kemudian mixer terus hingga kalis elastis. Biarkan adonan roti tawar selama 30-45 menit. Setelah itu, kempiskan adonan dan uleni sebentar. Gilas adonan sampai permukaan adonan halus, kemudian gulung sambil dirapatkan.
  6. Siapkan loyang ukuran 20x10x10, kemudian olesi dengan mentega. Lapisan mentega pada loyang ini tipis saja. Tuang adonan roti tawar ke dalam loyang yang sudah dioles mentega tadi. Diamkan kembali selama kurang lebih 1 jam.
  7. Panaskan oven selama 10 menit, kemudian masukkan adonan roti tawar ke dalam oven. Olesi adonan dengan susu evaporasi sesaat sebelum dioven. Oven adonan pada suhu 170oC selama 30-45 menit atau sampai matang tergantung oven masing-masing.
  8. Setelah matang, keluar dari oven dan langsung olesi roti tawar dengan butter supaya mengkilap dan lembut.
  9. Biarkan roti tawar hingga dingin. Setelah dingin, masukkan ke kantong plastik/wadah tertutup supaya roti tawar tidak kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *