Cara Membuat Sambal Belacan Pedasnya Nendang

Posted on

Cara membuat sambal belacan pedasnya nendang – Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan sambalnya yang beraneka ragam dari Sabang sampai Merauke. Salah satu sambal yang terkenal adalah sambal belacan atau sambal terasi. Sebagai penghasil belacan atau terasi yang enak di Indonesia, Bangka Belitung memiliki sambal belacan yang khas dan menjadi favorit. Sambal belacan biasanya dihidangkan bersama lalapan atau rebusan sayuran segar. Lalapan yang biasanya ditemui di Bangka Belitung adalah lalapan ketimun, daun suring, buah-buahan yang rasanya asam dan masih mengkal, rebus pucuk idat, pucuk ubi, rebus jantung, dan rebus nangka.
sambal belacan
Bahan utama untuk membuat sambal belacan adalah cabe merah besar dan terasi (belacan) udang. Terasi yang dipilih adalah terasi yang terbuat dari udang rebon dengan rasa yang tidak terlalu asin dan aroma wanginya tidak menyengat. Untuk membuat sambal yang aroamnya menggugah selera, maka pipihkan terasi hingga padat kemudian bakar atau panggang terasi di atas perapian. Pada pembuatan sambal ini jangan lupa untuk memilih cabe yang masih segar karena pembuatan sambal ini tidak dimasak terlebih dahulu. Untuk membuat sambal yang enak dan menggugah selera, maka langsung aja kita intip resep mengenai cara membuat sambal belacan yang enak berikut ini.

baca : Resep Oseng Oseng Mercon Khas Yogyakarta

Bahan:

  • 1 sdt belacan, bakar
  • 2 buah cabe merah besar
  • Cabe rawit merah secukupnya
  • 10 cabe rawit hijau
  • 1/2 buah tomat merah
  • 1 buah jeruk sambal, peras
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat sambal belacan:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam cobek.
  2. Ulek kasar semua bahan tadi.
  3. Sambal belacan siap disajikan bersama nasi hangat dan lauk.

Sambal belacan ini banyak menjadi favorite di warung makan dan restoran di bangka Belitung bahkan sampai pelosok negeri ini ada. Karena cara membuat sambal belacan ini tergolong sangat mudah dan rasanya nendang
Auto Backlink Gratis: Top Situs Social Borkmarking Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *