wedang ronde jahe gula merah

Cara Membuat Wedang Ronde Gula Jawa Paling Nikmat

Posted on

Cara membuat wedang ronde gula merah paling nikmat- Wedang ronde merupakan minuman tradisional asli Indonesia yang berasal dari Yogyakarta. Di daerah asalnya, wedang ronde sangatlah terkenal dan digemari oleh anak kecil hingga orang tua. Kalau kita sedang melancong di kota Jogja, pastilah tidak susah untuk menemukannya karena banyak pedagang kaki lima yang menjajakan minuman satu ini. Wedang ronde ini biasanya dijual di tempat keramaian, seperti alun-alun, sekitar kantor pemda, tempat nongkong anak muda, pusat-pusat keramaian, pinggir jalan, dan lain sebagainya.

Sama seperti halnya pada sekoteng, wedang ronde sangat cocok dinikmati saat malam hari atau saat musim hujan tiba. Hal ini karena wedang ronde dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh. Minuman yang terbuat dari sentuhan jahe didalamnya ini sangat hangat sekali d itubuh sehingga cocok untuk Anda yang sedang mengalami masalah pada tenggorokan agar sedikit melegakan tenggorokan.

Pada wedang ronde kali ini, saya menambahkan gula jawa agar terasa lebih nikmat. Kemudian bada bagian isiannya saya hanya menggunakan bola-bola yang berasal dari tepung ketan dengan kacang tanah pada bagian isiannya.

wedang ronde jahe gula merah

Bagi Anda yang bukan warga asli jogja, Anda tidak perlu jauh-jauh ke kota gudeg hanya untuk menikmati wedang ronde ini. Karena dengan mengikuti langkah-langkah dalam resep cara membuat wedang ronde gula jawa ini anda sudah dapat membuatnya sendiri di rumah.

Bahan Bola-bola:

  • 300 gr tepung ketan rosebrand
  • 1,5 sdm tepung kanji
  • Pewarna makanan warna merah, kuning, dan hijau secukupnya
  • 700-800 cc air hangat untuk campuran adonan
  • 1 liter air untuk merebus bola-bola
  • 200 gr kacang tanah kupas, sangrai

Bahan Wedang Jahe:

  • 1,5 liter air
  • 5-6 ruas jahe
  • 3 lembar daun pandan simpulkan

Bahan Rendaman Gula:

  • Air secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Gula jawa secukupnya

Cara membuat:

Bola-bola:

  1. Masukkan tepung ketan dan tepung kanji ke dalam baskom.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi elastis dan bisa dipulung.
  3. Setelah adonan menjadi elastis dan bisa di pulung, bagi adonan menjadi tiga bagian.
  4. Tambahkan masing-masing bagian dengan pewarna makanan yang berbeda. Pewarna makanan ini bisa diganti sesuai dengan selera Anda.
  5. Ambil sedikit adonan kemudian pipihkan. Letakkan kacang tanah yang sudah disangrai di atas adonan. Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan usahakan kacang tidak terlihat.
  6. Rebus air, kemudian masukkan adonan ke dalam rebusan air. Tunggu hingga matang yang ditandai dengan bola-bola mengapung di permukaan air. Setelah mengapung, angkat bola-bola dan tiriskan.

Rendaman Gula:

  1. Rebus air, kemudian masukkan gula pasir dan gula jawa ke dalamnya. Aduk hingga semua gula pasir dan gula jawa larut seluruhnya. Rebus hingga mengental. Setelah mengental, matikan api.
  2. Masukkan bola-bola ke dalam rendaman gula agar rasa bola-bola menjadi legit

Wedang jahe:

  1. Bakar jahe. Setelah itu kupas jahe dan geprek.
  2. Rebus air, kemudian masukkan jahe dan daun pandan. Rebus hingga air mendidih.

Penyajian:

  1. Masukkan bola-bola bersama rendaman gula ke dalam mangkok.
  2. Tambahkan wedang jahe ke dalamnya.
  3. Wedang ronde gula jawa siap untuk disajikan.

Kenikmatan wedang ronde gula merah ini akan terasa nampol sekali jika dinimati selagi masih hangat. Semoga dengan adanya resep wedang ronde gula merah yang ada pada juaramasak.com ini dapat memudahkan Anda dalam membuat wedang ronde sendiri dirumah. Silahkan mencoba dan berkreasi sendiri ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *