banana bread

Cara Mudah Membuat Banana Bread Enak

Posted on

Cara Mudah Membuat Banana Bread Enak- Banana bread disini bukan roti pisang dengan isian keju atau coklat seperti yang kita kenal di toko roti ya. Tapi banana bread yang dimaksud disini adalah jenis roti yang dibuat dengan cepat dan tanpa menggunakan ragi atau quick bread. Tekstur banana bread sendiri lebih berat dan berpasir. Hal ini dikarenakan adonan banana bread yang diaduk asal rata saja. Terlerbih lagi banana bread menggunakan jumlah tepung yang lumayan banyak dibanding dengan jumlah telur yang hanya satu butir. Karena tekturnya yang berat dan padat, maka banana bread sangat cocok disajikan untuk sarapan.

Banana bread dibuat dengan menggunakan pisang yang sudah kelewat matang. Hal ini dikarenakan pisang yang sudah kelewat matang akan memberikan rasa manis yang lebih legit dan aroma pisang yang lebih kuat.

Banana bread ini dibuat dengan proses pengadukan seperti saat membuat muffin. Semua bahan dikelompokkan menjadi dua, yaitu bahan cair dan bahan kering. Kemudian semua bahan cair disatukan. Begitu pula dengan semua bahan kering. Pada proses selanjutnya, campurkan bahan kering dengan bahan cair aduk asal rata seperti muffin. Ingat ya, adonan hanya asal rata atau tidak over mixed. Kalau ada tepung yang belum teraduk, biarkan saja. Nanti dia akan terelmusi sendiri. Pengadukan terlalu banyak pada proses pembuatan banana bread akan menjadikan keras dan tidak crumbly atau berpasir. Cara pembuatan banana bread yang enak dapat kamu simak selengkapnya di bawah ini.

banana bread

Bahan:

  • 170 gr tepung terigu berprotein rendah
  • 170 gr pisang, lumatkan dengan garpu
  • 1/2 sdt lemon juice
  • 1 butir telur
  • 100 gr brown sugar atau gula pasir biasa
  • 40 gr Unsalted butter, cairkan
  • 2 sdt susu cair plain
  • 2 sdt baking powder
  • Sejumput vanili bubuk
  • Sejumput garam

Cara membuat:

  1. Masukkan telur ke dalam baskom, kemudian kocok dengan whisk. Tambahkan brown sugar dan vanili bubuk. Aduk-aduk hingga rata.
  2. Campurkan pisang yang sudah dilumatkan dengan lemon juice. Kemudian masukkan ke dalam kocokan telur. Adukl-aduk hingga rata.
  3. Masukkan butter dan susu cair ke dalam adonan. Aduk kembali hingga rata.
  4. Campurkan tepung terigu berprotein rendah, baking powder, dan sejumput garam. Ayak campuran ini di atas adonan. Aduk hingga rata.
  5. Olesi Loyang yang akan digunakan dengan mentega, kemudian taburi dengan tepung terigu.
  6. Tuang adonan banana bread ke dalam loyang, kemudian oven dengan suhu 170°C selama 50 menit. Setelah dioven selama 50 menit, lakukan tes tusuk. Jika ujungnya kering berarti roti sudah matang.
  7. Jika roti sudah matang, keluarkan roti dari oven dan biarkan hingga dingin. Banana bread siap untuk disajikan.

Mudah bukan cara pembuatan banana bread ini? Selamat bersenang-senang di dapur ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *