Cara Membuat asinan nanas

Kupas Tuntas Rahasia Cara Membuat Asinan Nanas Spesial

Posted on

Cara membuat asinan nanas spesial –  Pengen makan asinan Bogor? Jarak rumah dengan Bogor jauh? Masak sih jauh-jauh ke Bogor Cuma buat beli asinan doing? Sayang uang dan sayang ama waktu plus tenaga juga atuh. Udah gak usah bingung-bingung lagi gimana bisa dapetin asinan Bogor. Kita bikin aja sendiri asinan Bogor di rumah. Cara bikin asinan Bogor yang segar dan enak cukup mudah kok.

Oh iya, perlu kita ketahui nih asinan merupakan makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka). Asinan adalah salah satu hidangan makanan khas Indonesia. Asinan berasal dari kata dasar asin, dimana kata asin ini mengacu pada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam.

Buah-buahan yang digunakan untuk membuat asinan bogor adalah manga mengkal, jambu air, papaya mengkal, kedondong, bengkoang, pala, dan nanas. Nah, buah yang mudah kita kita jumpai dan sewaktu-waktu ada adalah nanas. Apalagi yang tinggal di daerah pedesaan seperti saya. Setiap hari pasti ada buah nanas di pasar tradisional. Jadi pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai cara membuat asinan nanas spesia;. Asinan ini cocok loh untuk disantap di siang hari yang panas pas musim kemarau kaya sekarang ini. Panas-panas gini, keluarin asinan yang dingin dari kulkas. Udah dingin, rasanya lezat, segar pula.

Bahan – bahan:

  • 1 buah nanas (pilih yang tua)
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm cuka masak
  • 1/2 sdt garam
  • Sejumput terasi goreng, larutkan dengan sedikit air lalu saring
  • 1,5 gelas air

Ulek kasar:

  • 5 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit merah

Proses Pembuatan:

  1. Panaskan air hingga mendidih.
  2. Masukkan cabe keriting dan cabe rawit yang telah diulek kasar.
  3. Masukkan gula pasir, terasi, garam, dan cuka. Aduk hingga rata dan gula pasit larut seluruhnya. Tes rasa, matikan api apabila rasanya sudah pas. Setelah itu, diamkan beberapa saat hingga dingin.
  4. Kupas nanas dan buang bagian matanya. Cuci nanas hingga bersih, kemudian potong-potong sesuai selera.
  5. Masukkan nanas ke dalam wadah yang bersih. Tuang kuah asinan ke dalam wadah yang berisi nanas. Aduk hingga rata.
  6. Simpan asinan dalam kulkas selama satu malam.
  7. Sajikan asinan dalam keadaan dingin.

Auto Backlink Gratis: Top Situs Social Borkmarking Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *