bolu klemben

Resep Bolu Klemben Empuk dan Manis di Setiap Gigitan

Posted on

Resep bolu klemben empuk dan manis di setiap gigitan- Bolu klemben atau bolu jadul atau bolu kuro merupakan salah satu kue tradisional asal Indonesia yang masih tetap terjaga hingga sekarang. Biasanya kue ini dapat kita temukan di pasar tradisional, terutama di daerah Banyuwangi dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun harganya sangat terjangkau, namun rasanya benar-benar mantap dengan cita rasa manis di setiap gigitannya.
bolu klemben
Sama seperti kebanyakan makanan tradisional Indonesia lainnya, bentuk dan bahan yang digunakan untuk pembuatan kue ini sangatlah sederhana. Dalam pembuatan adonan kue hanya menggunakan bahan kue, seperti tepung terigu dan telur ayam. Gunakan tepung terigu berprotein rendah agar dihasilkan tekstur kue klemben yang empuk. Tambahkan pula bahan lain seperti gula pasir, garam, dan vanilla dan lebih berasa dan beraroma.
Anda ingin mencoba membuat kue jadul yang sangat nikmat ini? Simak resepnya berikut ini.

Bahan:

  • 400 gram terigu serbaguna (jangan langsung dimasukkan semua ke dalam adonan)
  • 5 butir telur ukuran besar
  • 400 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanila bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Margarin cair secukupnya untuk olesan

Cara membuat:

  1. Sangrai tepung terigu bersama 2 lembar daun pandan dengan api kecil sampai terasa ringan. Setelah terasa ringan, angkat dan biarkan dingin.
  2. Kocok gula dan telur sampai mengembang dan lembut.
  3. Tambahkan garam dan vanila bubuk. Mixer terus sampai tercampur rata.
  4. Setelah tercampur rata, matikan mixer dan masukkan tepung terigu sangrai dalam kocokan telur sedikit demi sedikit. Penambahan tepung terigu ini dilakukan sampai adonan dirasa sudah cukup kental. Aduk rata perlahan, kemudian sisihkan.
  5. Olesi cetakan bolu klemben dengan margarin tipis.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu klemben yang telah diolesi margarin.
  7. Masukkan adonan ke dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Oven dengan suhu 150-160oC sampai matang dan berwarna kekuningan.
  8. Setelah matang, biarkan hingga dingin kemudian simpan dalam wadah kedap udara.

Kue ini dapat bertahan lama meskipun tidak memakai bahan kimia atau pengawet makanan sama sekali. Tetapi dengan catatan bahan dan proses pembuatannya bersih. Selain itu, kue juga harus dipanggang sampai matang merata. Setelah matang, jangan lupa untuk mengangin-anginkan kue hingga dingin barulah disimpan dalam wadah kedap udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *