cumi asin sambal matah

Resep Cumi Asin Enak dan Sederhana dengan Sambal Matah

Posted on

Resep cumi asin enak dan sederhana dengan sambal matah Punya cumi asin di rumah. Tadi liat tetangga sebelah beli cumi asin di tukang sayur yang lewat di depan rumah jadi pengen ikutan beli deh. Pas nyampe rumah bingung mau dibikin apa nih cumi asin. Karena kehabisan ide jadi cumi asinnya dipadukan sama sambal matah aja. Ternyata pas udah jadi rasanya lezat abis. Suami nambah nasi sama cumi mulu dan pesen buat masak cumi lagi.
cumi asin sambal matah
Ngomong-ngomong soal resepnya, bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan kok. Udah gitu pembuatannya juga gampang banget. Pertama tuh kita rendam cumi asin ke dalam air panas. Kegunaan perendaman cumi dalam air panas ini adalah agar kandungan garam dalam cumi menjadi berkurang. Setelah itu, kita rebus cumi. Perebusan ini hanya memerlukan waktu sebentar saja. Kalo udah tinggal disajikan bareng sama sambal matah deh. Mau resep cumi asin sambal matah selengkapnya? Ayo kepoin ulasannya berikut ini.

Bahan:

  • 250 gr cumi asin
  • 1 buah kecombrang, iris tipis kemudian celupkan air panas sebentar
  • 2 batang serai iris tipis
  • 1 genggam cabai rawit
  • 12 bawang merah, iris tipis
  • 6 lembar daun jeruk, iris halus
  • 2 buah jeruk limau
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak panas secukupnya

Cara membuat:

  1. Cuci cumi asin pada air mengalir. Kalau sudah, rendam cumi asin dengan air panas selama 15 menit. Cuci kembali hingga bersih.
  2. Rebus cumi selama 3 menit, kemudian angkat dan tiriskan.
  3. Tuang minyak panas ke dalam mangkok. Tambahkan serai, daun jeruk, bawang merah, cabe rawit, dan kecombrang. Tambahkan pula garam, gula, dan merica. Kasih perasan air jeruk limau, kemudian aduk hingga rata.
  4. Tuang sambal di atas cumi dan cumi asin sambal matah siap untuk disajikan.

Mudah sekali bukan pembuatan cumi asin sambal matah ini? Jangan lewatkan pula untuk mencoba cumi asin sambal matah, cumi asin masak kecap, tumis cumi asin pete, sambal goreng cumi asin, dan cumi asin sambal bawang daun jeruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *