dodol durian

Resep Dodol Durian Lezat dan Lembut di Setiap Gigitan

Posted on

Resep dodol durian lezat dan lembut di setiap gigitan- Bagi Anda pecinta durian pasti sudah tak asing lagi bukan dengan dodol durian? Tapi taukah Anda bahwa dodol durian banyak dijual di daerah Sumatra selatan sebagai oleh-oleh khas dari daerah tersebut dengan nama lempok. Lempok atau dodol durian mempunyai rasa manis dan bertekstur lembut di setiap gigitannya sehingga terasa sangat nikmat sekali.
dodol durian
Bahan dasar pembuatan dodol durian adalah daging durian yang sudah matang. Pilihlah daging durian yang benar-benar matang sehingga diperoleh dodol yang sangat nikmat. Daging durian ini kemudian dimasak dengan dengan menggunakan api kecil agar dodol tidak mudah gosong. Proses pengolahan dodol membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sampe dodol berwarna kecoklatan dan tidak lengket pada pengaduk.

Bahan:

  • 5 kg daging buah durian
  • 2,5 kg gula pasir
  • 500 gr gula aren
  • 1 sdm garam

Cara membuat:

  1. Masukkan daging buah durin ke dalam kuali. Masak dengan menggunakan api kecil.
  2. Tambahkan gula secara bertahap sambil terus diaduk. Aduk hingga air mulai menyusut dan karamel gula bercampur rata dengan daging buah durian.
  3. Setelah lempok terasa berat ketika diaduk, tambahkan gula aren. Aduk kembali hingga rata. Masak hingga lempok berwarna kecoklatan dan kalis atau tidak menempel di sendok plastik.
  4. Angkat lempok dan masukkan ke dalam cetakan.
  5. Potong-potong lempok sesuai selera.

Sangat mudah bukan cara pembuatan lempok atau ndodol durian ini? Selamat mencobanya sendiri di rumah ya. Oh iya, lempok atau dodol durian ini sangat cocok loh untuk peluang usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *