geblek

Resep Geblek Khas Kulon Progo Enak Gurih dan Kenyal

Posted on

Resep Geblek Khas Kulon Progo Enak Gurih dan Kenyal- Pada awal tahun 2017 saya mulai tinggal di daerah Wates Kabupaten Kulon Progo. Daerah ini masih termasuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Berawal dari sini saya mulai mengenal sedikit objek wisata yang ada di Kulon Progo. Mulai dari hutan mangrove, kedung pedut, waduk sermo, dan kali biru. Selain wisata alamnya, saya juga mengenal wisata kuliner yang merupakan ciri khas dari daerah Kulon Progo. Makanan yang disebut “geblek” oleh penduduk setempat ini biasanya saya beli di warung seberhana dan kecil yang ada di pinggir jalan. Jika Anda mengunjungi Kota Wates, Anda akan menemukan banyak penjual yang menjual geblek ketika hari mulai sore. Biasanya penjual tersebut juga menjual tempe benguk. Karena memang warga setempat menikmati geblek bersama dengan tempe benguk. Anda juga bisa membeli geblek di pasar wates ketika pagi hari. Di sana dijual geblek yang belum digoreng dan geblek yang sudah digoreng atau siap untuk disantap. Selain itu, Anda juga bisa membeli geblek di toko oleh-oleh khas Kulon Progo.
geblek
Namun seiring dengan perkembangan jaman, makanan yang berbahan dasar tepung tapioka ini juga bisa dinikmati bersama dengan campuran saus dengan mayonnaise, sambal kacang, atau juga bisa diberi bumbu rasa jagung bakar, barbeque, dan keju. Bagi Anda yang ingin membuat geblek sendiri di rumah, silahkan menyimak ulasan saya mengenai cara pembuatan geblek berikut ini.

Bahan:

  • 500 gram tepung tapioka
  • 200 gram kelapa parut
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • Garam secukupnya
  • Air mendidih secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan tepung tapioka dan kelapa parut ke dalam baskom.
  2. Tambahkan air mendidih sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jangan sampai adonan terlalu lembek.
  3. Bagi adonan menjadi menjadi 3 bagian. Bentuk adonan menjadi bulat, kemudian masukkan ke dalam air mendidih selama kurang lebih tiga menit. Angkat kemudian potong-potong. Biarkan hingga panasnya sedikit berkurang.
  4. Tambahkan bawang putih dan garam, kemudian uleni adonan hingga tercampur rata dan menjadi tidak lengket lagi.
  5. Bentuk adonan memanjang seperti jari, kemudian potong-potong. Bentuk adonan yang telah dipotong-potong tersebut menjadi angka 8.
  6. Goreng geblek dengan api sedang hingga matang, kemudian angkat. Sajikan selagi masih hangat.

Sekian ulasan singkat saya mengenai geblek khas Kulon Progo yang enak, gurih, dan kenyal. Selamat mencoba sendiri di rumah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *