kue sus vla cappuccino

Resep Kue Sus Super Lezat dengan Vla Cappuccino Lembut

Posted on

Resep Kue Sus Super Lezat dengan Vla Cappuccino Lembut- Bagi Anda penyuka cemilan bercita rasa manis pasti sudah tak asing lagi bukan dengan kue sus? Vla lembut bercita rasa manis dibalut dengan gurihnya kulit terasa sangat menggoda dan membuat tak ingin berhenti untuk memakannya.
Dalam bahasa perancis kue sus disebut Pâte à choux yang berarti pasta kubis. Penamaan ini didasarkan pada bentuk akhir pembuatan kue sus ini yang menyerupai kubis. Meskipun kue ini berasal dari Perancis, kue ini sangat melekat dengan masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat sering melenggangnya cemilan ini pada berbagai acara dan berbagai kesempatan.
kue sus vla cappuccino
Kue yang berbentuk seperti kubis ini pada mulanya diberi isian berupa vla vanilla. Namun seiring dengan perkembangan jaman, mulai bermunculan kue sus dengan berbagai macam isian. Mulai dari kue sus vla cokelat, kue sus vla jeruk, kue sus vla durian, kue sus vla keju, dan kue sus vla cappuccino.
Pada dasarnya pembuatan semua kue sus adalah sama. Yang membedakan hanyalah bagian isiannya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep mengenai pembuatan kue sus yang super lezat dengan vla cappuccino yang lembut pada bagian dalamnya.

Bahan kulit sus:

  • 75 gr terigu protein sedang
  • 50 gr terigu protein tinggi
  • 3 butir telur ukuran besar, kocok lepas
  • 100 gram margarin
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 200 ml air

Bahan Vla Cappuccino:

  • 50 gr tepung maizena
  • 500 ml susu cair
  • 100 gr gula pasir
  • 2 butir kuning telur kocok lepas
  • 1 sdm kopi instan, larutkan dengan sedikit air panas
  • 1 sdm butter

Cara membuat:

Kulit sus:

  1. Masukkan air, margarin, garam, dan gula pasir ke dalam panci. Setelah itu, didihkan di atas api kecil.
  2. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak ke dalam panci, kemudian aduk rata dengan sendok kayu hingga tercampur rata. Masak adonan sambil diaduk hingga kalis. Setelah kalis, angkat adonan dan dinginkan.
  3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas sedikit demi sedikit secara bertahap sambil dimixer dengan kecepatan rendah. Hentikan penambahan telur jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit.
  4. Masukkan adonan kulit sus ke dalam kantong segitiga. Spuitkan adonan kulit sus ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain.
  5. Panggang adonan dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200oC selama kurang lebih 25 menit. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh, berwarna kuning kecoklatan, dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan. Dinginkan di rak kawat.

Vla Cappuccino:

  1. Larutkan tepung maizena dengan sedikit susu.
  2. Tambahkan sisa susu, kopi, garam dan gula. Masak sambil terus diaduk.
  3. Masukkan kuning telur, kemudian aduk. Masak hingga meletup-letup, kemudian angkat dari api.
  4. Tambahkan butter, kemudian aduk hingga rata.

Penyelesaian:

  1. Gunting bagian tengah sus tidak terputus.
  2. Isi bagian tengah sus dengan vla cappuccino.
  3. Sus dengan vla cappuccino siap untuk disajikan.

Salah satu kunci pembuatan kue sus ini adalah pada proses pemanggangan. Selama proses pemanggangan, oven tidak boleh dibuka karena sus dapat mengembang selama proses pemanggangan tetapi mengempes kembali setelah keluar dari oven. Selain itu, juga diperlukan feeling yang baik selama pemanggangan karena jika terlalu lama kulit akan keras, sedangkan jika terlalu cepat diangkat bakalan turun adonannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *