Resep Membuat Kembang Goyang Renyah, Lezat, Dan Bentuknya Cantik

Posted on

Resep membuat kembang goyang renyah, lezat, dan bentuknya cantik – Kembang goyang merupakan salah satu kue tradisional khas Betawi. Nama kembang goyang sendiri berasal dari bentuknya yang menyerupai bunga atau kembang dan proses pembuatannya yang digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan. Tidak sulit untuk menemukan kembang goyang di pasaran karena banyak yang menjualnya. Tapi, tak ada salahnya jika Anda membuatnya sendiri di rumah sehingga Anda bisa memastikan kebersihan alat-alat yang digunakan dan kualitas bahan yang digunakan.

resep membuat kembang goyang

Cita rasa kembang goyang ini sangat lezat. Selain itu, teksturnya juga renyah. Biasanya nih kalo di daerah saya digunakan untuk “angsul-angsul ketika nyumbang”

resep lainnya : Cara Membuat Churros Pandan yang Lezat

Bahan:

1. 2 butir telur ayam ukuran sedang
2. 100 gr tepung beras
3. 50 gr tepung terigu
4. 50 gr tepung tapioka/sagu
5. 3 sdm gula pasir
6. 175 ml santan sedang
7. 1/2 sdt garam
8. Minyak secukupnya, untuk menggoreng

Cara Membuat kembang goyang:

1. Masukkan telur dan gula pasir ke dalam baskom, kemudian mixer hingga mengembang. Adonan tidak perlu sampai kaku seperti ketika membuat bolu.
2. Masukkan tepung beras, tepung tapioka/sagu, dan garam, kemudian aduk menggunakan spatula.
3. Masukkan santan sedikit demi sedikit, kemudian aduk hingga rata. Usahakan adonan tidak bergerindil. Saring jika diperlukan.
4. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng dengan api kecil saja.
5. Letakkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak goreng tadi.
6. Setelah wajan panas, ambil cetakan dari wajan dan segera celupkan cetakan ke dalam adonan. Ingat jangan sampai permukaan cetakan ikut dicelupkan karena adonan akan menempel di bagian atas dan pada saat digoreng kembang goyang akan susah lepas dari cetakan.
7. Segera celupkan cetakan tadi ke dalam minyak panas sambil di goyang-goyang. Kembang goyang nantinya akan terlepas dengan sendirinya.
8. Goreng kembang goyang hingga berwarna kuning keemasan. Setelah berwarna kuning keemasan, angkat kembang goyang dan tiriskan.
9. Setelah dingin, masukkan kembang goyang ke dalam toples kedap udara.

membuat kembang goyang

Berikut ini beberapa tips agar kembang goyang yang dihasilkan teksturnya renyah dan bentuknya cantik. Pertama, pilih cetakan kembang goyang yang terbuat dari aluminium cor atau kuningan murni. Kelebihan dari cetakan yang terbuat dari aluminium cor atau kuningan murni adalah cetakan tahan lama, tidak mudah berkarat, dan membuat adonan lebih mudah terlepas saat digoreng sehingga kembang goyang tidak rentan hancur. Kedua, gunakan tiga jenis tepung dan santan sebagai pencair adonan. Untuk menghasilkan kembang goyang yang renyah, Anda tidak bisa hanay menggunakan satu jenis tepung saja. Anda harus mencampurkan tepung terigu, tepung beras, dan tepung tapioka sebagai bahan dasar membuat kembang goyang. Ketiga, saring adonan sebelum digoreng. Adonan kembang goyang harus benar-benar halus serta tidak bergerindil supaya hasilnya garing dan renyah. Keempat, celupkan cetakan ke dalam minyak panas sebelum mulai menggoreng. Hal ini bertujuan agar cetakan terlapisi dan adonan menjadi tidak lengket di cetakan sehingga kembang goyang dapat dengan mudah terlepas dari cetakan dan bentuknya rapi. Kelima, celupkan cetakan ke bagian atas adonan sampai seluruh bagian cetakan tertutup adonan. Usahakan jangan sampai cetakan tenggelam. Keenam, goyang-goyangkan cetakan dalam minyak ke kanan dan ke kiri hingga adonan terlepas. Pelan-pelan saja ya dalam menggoyang-goyangkan cetakan agar kembang goyang tidak hancur. Ketujuh, goreng hingga kembang goyang berwarna kuning keemasan dan simpan pada wadah yang tertutup rapat agar kembang goyang tetap renyah.
Auto Backlink Gratis: Top Situs Social Borkmarking Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *