Resep Membuat Sate Usus Ala Angkringan Rasa Sedap Dan Bikin Nagih

Posted on

Resep membuat Sate usus ala angkringan rasa sedap dan bikin nagih – Siapa yang tidak mengenal jajanan yang dijual secara bebas di angkringan dan warung makan satu ini. Rasanya yang sangat lezat membuat para penikmatnya selalu ketagihan untuk mencicipinya lagi dan lagi. Bahkan tak jarang, orang-orang menyempatkan ke angkringan cuma buat beli sate usus. Anda juga pasti penggemar berat makanan satu ini kan ya kan. Daripada beli, mendingan bikin sendiri deh. Kan kalau bikin sendiri lebih higenis, udah gitu lebih hemat juga. Jadi kantong tetap aman lah ya. Anda juga bisa nih bisnis sate usus, dijamin laku dipasaran deh karena penikmatnya banyak banget. Anda gak tau bumbu dan gimana cara buatnya? Tenang, saya akan berikan nih resep membuat sate usus ala angkringan rasa sedap dan bikin nagih
sate usus

Sebelum saya kasih tau mengenai resep membuat sate usus, saya akan berikan beberapa info mengenai usus ayam nih. Usus ayam merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein hewani. Usus ayam ini merupakan organ bagian dalam ayam yang berfungsi sebagai organ pencernaan, sehingga banyak bakteri yang bersarang di dalam usus. Oleh karena itu, usus ayam memiliki sifat yang mudah rusak jika tidak segera dibersihkan lebih dari 4 jam setelah ayam dipotong dan akan cepat membusuk.

baca juga : Resep Sate Lilit Khas Bali

Bahan – bahan:

  • 300 gram usus
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Gula merah secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit, bakar
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • 4 biji kemiri, sangrai
  • 6-10 buah cabe merah keriting
  • 1 buah cabe merah besar

Cara membuat sate usus:

  1. Potong-potong jeruk nipis, kemudian remas-remas jeruk nipis bersama dengan usus ayam. Cuci usus ayam hingga bersih, kemudian tiriskan.
  2. Panaskan air hingga mendidih, kemudian masukkan usus yang sudah dicuci bersih tadi. Tambahkan daun jeruk, serai, dan jahe. Rebus selama kurang lebih 10 menit, kemudian buang airnya. Potong-potong usus sesuai dengan selera Anda, kemudian tiriskan. Tahap kedua ini sangat penting jadi jangan sampai di skip ya karena ini merupakan proses untuk menghilangkan bau yang kurang sedap dari usus.
  3. Tumis bumbu halus hingga tercium bau harum, kemudian masukkan daun salam dan aduk hingga rata.
  4. Masukkan usus ayam, kemudian masukkan pula garam, gula merah, kecap manis, dan kaldu ayam bubuk.
  5. Tambahkan sedikit air, kemudian masak sampai air menyusut dan bumbu meresap. Tes rasa, matikan api apabila rasanya sudah pas.
  6. Tusuk-tusuk usus ayam dengan tusukan sate. Panjang usus ayam tiap tusukan tentunya terserah Anda saja. Sate usus siap untuk dihidangkan.

sate usus ini bisa di sajikan dengan teh hangat. pas sekali untuk camilan ngobrol di teras sambil kumpul – kumpul bersama keluarga tercinta. tapi jangan kebanyakan ya, biar tidak jadi penyakit..:)

Auto Backlink Gratis: Top Situs Social Borkmarking Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *