ongol-ongol tepung sagu

Resep Ongol Ongol Tepung Sagu Anti Alot Walau Udah Dingin

Posted on

Resep ongol ongol tepung sagu anti alot walau udah dingin- Ongol-ongol merupakan jajanan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Barat. Teksturnya yang lembut dan kenyal, serta rasanya yang manis dibalut dengan gurihnya kelapa merupakan ciri khas dan daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Tektur lembut dan kenyal pada ongol-ongol ini berasal dari bahan dasar yang digunakan, yaitu tepung sagu. Selain tepung sagu, kamu juga bisa menggunakan hankwe atau singkong.

Ongol-ongol bisa jadi teman yang tepat saat kamu menikmati secangkir teh atau kopi. Biasanya kamu dapat dengan mudah menemukan obgol-ongol di pasar tradisional. Harga yang ditawarkan di sana sangat terjangkau jadi ramah dikantong. Tapi apa kamu yakin gak mau nyoba membuat ongol-ongol di rumah? Selain bisa memilih bahan-bahan yang berkualitas, kamu juga bisa memastikan kebersihan proses pembuatannya. Jika kamu ingin membuat ongol ongol di rumah, kamu bisa mencoba resep ini. Dengan resep ini, kamu bisa membuat ongol ongol yang anti alot meskipun ongol ongol sudah dingin.

Pada pembuatan ongol-ongol ini saya menggunakan daun pandan sebagai pewarna makanan. Tapi warna ongol-ongol yang dihasilkan hijau yang merah kecoklatan karena pada ongol-ongol ini menggunakan gula merah yang juga mempengaruhi warna ongol-ongol. Cara pembuatan ongol-ongol tepung sagu anti alot meskipun sudah dingin dapat kamu simak selengkapnya di bawah ini.

ongol-ongol tepung sagu

Bahan:

  • 150 gr tepung sagu
  • 150 gr gula merah
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 sdm munjung gula pasir
  • Sejumput garam
  • 450 ml air

Baluran:

  • Kelapa parut secukupnya
  • 1 lmbr daun pandan
  • Garam Secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan 150 mL air ke dalam panci. Tambahkan gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan ke dalam panci. Masak hingga mendidih, kemudian saring untuk memisahkan kotoran yang mungkin ada.
  2. Campurkan tepung sagu dengan 300 mL air. Aduk hingga rata. Jika sudah rata, campurkan ke dalam larutan gula merah pada langkah 1. Setelah itu, masak adonan dengan api kecil sambil terus diaduk. Masak hingga adonan mengental dan bertekstur seperti lem yang menandakan sudah matang.
  3. Setelah matang, matikan api dan ambil ongol-ongol dengan menggunakan 2 buah sendok. Bentuk bulat adonan dengan sendok tersebut.
  4. Baluran: Campurkan kelapa parut, garam, dan daun pandan. Kukus selama 10 menit.
  5. Gulingkan ongol-ongol ke dalam kelapa parut yang sudah dikukus.

Mudah bukan cara pembuatan ongol-ongol dengan tepung sagu ini? Selamat mencoba sendiri di rumah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *