Resep Rahasia Membuat Pukis Enak, Empuk, dan Anti Bantet

Posted on

Resep rahasia membuat pukis enak, empuk, dan anti bantet- Kue pukis merupakan salah satu kue khas Indonesia yang tetap eksis hingga sekarang. Kita dapat dengan mudah menjumpai kue ini, mulai dari di pasar tradisional hingga di otlet dan mall besar. Kue pukis yang dijajakan disana pun beraneka ragam. Mulai dari kue pukis yang original hingga kue pukis dengan berbagai macam topping.
kue pukis
Kue dengan bahan utama tepung terigu ini mempunyai cita rasa manis dan bertekstur empuk ketika digigit. Ada rahasia yang perlu diketahui agar kue pukis yang dihasilkan empuk dan tidak bantet. Pertama, gunakan bahan baku yang berkualitas. Tepung yang digunakan tidak boleh dalam keadaan lembab dan harus benar-benar kering. Tuang tepung terigu sedikit demi sedikit agar adonan tidak menggumpal. Saring adonan jika perlu. Kedua, diamkan terlebih dahulu adonan pukis sebelum dicetak selama minimal 1 jam. Ketiga, olesi cetakan dengan margarine agar tidak lengket. Keempat, panaskan cetakan dengan api selama 10 hingga 15 menit. Kelima, gunakan api sedang yang rata agar adonan tidak cepat gosong dan bisa matang hingga ke dalam. Terakhir, tutup cetakan ketika sedang memasak kue pukis. Hal ini dapat mempercepat proses pematangan adonan pada bagian atas.

Bahan:

  • 250 gram terigu protein tinggi (Cakra Kembar)
  • 150 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1/2 sdt essence vanilla
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt ragi instan
  • 100 gr fibercreme, tambahkan air hingga mencapai 350 ml
  • 50 ml susu kental manis putih
  • 65 gram margarin, lelehkan
  • Margarin untuk olesan secukupnya

Topping:

  • Meses coklat

Cara membuat:

  1. Kocok telur, gula pasir, dan garam dengan kecepatan tinggi hingga mengental, kaku, dan berwarna putih.
  2. Tambahkan essence vanilla, kemudian kocok hingga rata. Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah.
  3. Masukkan 1/3 bagian terigu, kemudian kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian fibercreme, kemudian kocok kembali hingga rata. Masukkan kembali 1/3 terigu, kemudian fibercreme secara berselang seling dan diakhiri dengan terigu.
  4. Matikan mixer, kemudian masukkan ragi instant. Aduk hingga rata dengan spatula.
  5. Masukkan margarin cair, kemudian aduk kembali dengan spatula.
  6. Terakhir masukkan susu kental manis. Aduk hingga rata dengan spatula. Tutup adonan dengan kain bersih, kemudian diamkan selama minimal 1 jam.
  7. Olesi cetakan kue pukis dengan margarine, kemudian panaskan cetakan dengan api sedang.
  8. Tuang adonan pukis hingga 3/4 tinggi cetakan. Tutup sebentar, kemudian taburi topping. Tutup kembali dan masak sampai matang dan permukaan kering. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
  9. Semir permukaan kedua sisi kulit pukis dengan margarin selagi masih panas agar tidak keras.

Pembuatan kue pukis cukup mudah. Hanya saja memerlukan ketelatenan dan kesabaran agar diperoleh hasil yang maksimal yaitu kue pukis yang lezat, empuk, dan tidak bantet. Selamat mencoba sendiri di rumah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *