Resep sate lilit khas bali

Resep Sate Lilit Khas Bali Lezat

Posted on

Resep makanan nusantara sate lilit khas bali lezat – Anda ingin membuat sate lilit khas Bali namun tidak tahu apa bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya? Kalau begitu, anda sudah tepat karena telah membuka blog kami. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan resep masakan nusantara sate lilit khas Bali yang tentu saja mudah cara membuatnya.

Sate lilit merupakan sebuah varian sate asal Bali. Sate ini terbuat dari daging babi, ikan, ayam, daging sapi, bahkan daging kura-kura. Cara membuatnya cukup mudah, daging dicincang kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, dan bumbu lainnya. Daging cincang yang telah berbumbu dilekatkan pada sebuah bamboo atau tebu atau batang serai kemudian dipanggang di atas arang. TIdak seperti sate pada umumnya yang dibuat dengan tusuk sate yang sempit dan tajam, tusuk sate pada sate lilit berbentuk datar dan lebar. Permukaan yang lebih luas memungkinkan daging cincang untuk melekat. Istilah lilit dalam bahasa Bali dan Indonesia berarti membungkus yang mana sesuai dengan cara pembuatan sate lilit ini.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membuat sate lilit dengan bahan dasar ikan. Ikan yang akan kami gunakan ini adalah ikan tengiri. Anda dapat membeli ikan tengiri di pasar-pasar tradisional ataupun di swalayan. Jangan lupa untuk memilih ikan tengiri yang masih segar agar hasil masakannya menjadi maksimal lezatnya. Jika anda menginginkan harga yang lebih murah atau miring, maka saya menyarankan sebaiknya anda mendatangi pasar tradisional. Apabila anda tidak begitu menyukai ikan tengiri atau di daerah anda sulit menemukan ikan tengiri, anda dapat mengganti ikan tengiri dengan ikan jenis lain sesuai dengan selera anda. Apabila anda alergi dengan ikan atau di daerah anda sulit menemukan ikan, anda juga dapat menggunakan daging ayam atau daging sapi sebagai pengganti ikan tengiri.
Anda dapat menikmati sate lilit ikan ini bersama nasi hangat beserta sambal dan lalapan, pasti rasanya maknyos dan menghabiskan banyak nasi. Cara membuat sate lilit khas Bali ini cukup mudah sehingga anda tidak akan kesulitan dalam membuatnya. Hal ini dikarenakan sate lilit ini tergolong pada masakan yang simple dan tidak ribet. Oke kalau begitu kita langsung saja mempraktekkan resep sate lilis khas bali yang lezat di bawah ini.
sate lilit khas bali

Bahan:

  • 500 gram ikan tenggiri, haluskan
  • 50 gram kelapa setengah tua parut
    3. 50 ml santan
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 15 batang serai untuk tusuk sate
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah keriting
  • 1 buah kunyit panjang 2 cm
  • 1 buah kencur dengan panjang 2 cm

Cara membuat sate lilit khas bali:

  1. Basahi batang serai dengan air supaya tidak mudah terbakar saat dibakar, tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi dan matang, matikan api.
  3. Campurkan tumisan bumbu halus ke dalam ikan yang sudah dihaluskan tambahkan santan, parutan kelapa, daun jeruk, garam & gula, aduk rata.
  4. Ambil secukupnya adonan lalu lilitkan ke batang serai sambil dikepal supaya menempel sempurna ke batang serai, secukupnya saja agar matang merata.
  5. Olesi sate lilit dengan sedikit minyak agar tidak lengket sewaktu dibakar, lalu bakar sate sampai matang semua sisinya, angkat, sajikan segera dengan sambal matah.

Auto Backlink Gratis: Top Situs Social Borkmarking Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *