kue lidah kucing

Tips Agar Kue Lidah Kucing Dapat Tipis dan Renyah

Posted on

Tips agar kue lidah kucing dapat tipis dan renyah Sebelum kamu membuat kue lidah kucing di rumah, alangkah baiknya jika kamu juga membaca tips-tips yang harus kamu perhatikan ketika akan membuat kue lidah kucing. Tips ini sangat penting, terutama bagi kamu yang baru pertama kali membuat kue lidah kucing agar kue lidah kucing yang kamu buat bisa tipis dan renyah.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kami sampaikan agar kue lidah kucing yang dibuah hasilnya tipis dan renyah.

kue lidah kucing

  1. Pastikan putih telur bebas dari kuning telur

    Bagian telur yang digunakan untuk membuat kue lidah kucing adalah putih telur saja. Jadi hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah memastikan tidak ada kuning telur yang ikut masuk ke dalam adonan. Karena jika ada kuning telur yang ikut masuk ke dalam adonan akan menyebabkan kue lidah kucing tidak dapat mengembang.

  2. Kocok mentega hingga berwana putih dan kaku

    Hal kedua yang perlu kita perhatikan berikutnya adalah mengocok mentega hingga berwarna putih dan kaku. Dengan hasil kocokan mentega yang sempurna, bentuk kue lidah kucingyang akan dihasilkan nantinya juga akan bagus. Seperti dalam proses pengocokan mentega dengan gula halus dan perisa vanili, kita perlu megocoknya sampai mengembang.

  3. Gunakan cetakan kue lidah kucing berbahan aluminium

    Ada cetakan atau loyang khusus untuk membuat kue lidah kucing. Pergunakan cetakan berbahan aluminium yang tebal dan berkualitas. Jangan lupa untuk mengolesi cetakan dengan margarin sebelum diberi adonan lidah kucing. Olesan ini tidak perlu tebal, cukup tipis saja. Dan yang terpenting adalah bisa rata. Penggunaan margarin ini bertujuan agar kue lidah kucing dapat dengan mudah kita lepaskan saat sudah matang nanti.

  4. Gunakan api kecil saat mengoven kue lidah kucing

    Kue lidah kucing mempunyai bentuk yang tipis sehingga rentang cepat gosong atau hangus saat dipanggang. Oleh karena itu, gunakan api kecil saja saat memanggang kue lidah kucing. Jika api yang kamu terlalu besar, nantinya bagian pinggir kue lidah kucing akan gosong sedangkan bagian tengahnya masih mentah. Jadi pastikan panas apinya tidak terlalu kuat.

  5. Angkat kue lidah kucing dari cetakan ketika uap panasnya sudah mulai hilang

    Ketika kue lidah kucing sudah matang, jangan buru-buru mengangkatnya dari cetakan. Tetapi tunggu dulu beberapa saat sampai uap panasnya hilang. Tak harus menunggu sampai benar-benar dingin karena kalau sudah dingin lidah kucing akan menjadi sulit diangkat dari cetakan. Waktu yang pas untuk memisahkan kue lidah kucing dari cetakannya adalah saat masih agak hangat tapi uap panas sudah hilang. Pindahkan kue lidah kucing dari cetakan ke cooling rack. Baru setelah itu kue lidah kucing dapat disimpan ke dalam stoples tertutup rapat.

Sekian beberapa tips yang bisa kamu coba di rumah agar kue lidah kucing yang dihasilkan dapat tipis dan renyah. Semoga tips yang disampaikan dapat bermanfaat dan hasilnya sesuai dengan keinginan. Setelah kamu membaca tips agar kue lidah kucing yang dibuat bisa tipis dan renyah, kamu bisa membaca beberapa resep kue lidah kucing yang ada di website ini. Kamu bisa menyimaknya di 3 resep kue lidah kucing yang wajib kamu coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *