Tips Agar Santan Kental Tidak Pecah Saat Dimasak

Posted on

Tips agar santan kental tidak pecah saat dimasak- Memasak dengan menggunakan santan kental relatif lebih sulit jika dibandingkan dengan memasak menggunakan santan encer. Hal ini dikarenakan jika memasak menggunakan santan kental dengan tidak hati-hati, santan tersebut bisa pecah.

Baca juga: Cara Membuat Bandros Enak Seperti Aslinya

Mungkin bagi sebagian orang masaih belum paham santan yang pecah itu yang seperti apa. Disini saya akan menjelaskan santan yang pecah itu seperti apa. Santan yang pecah merupakan kondisi dimana masakan yang menggunakan bahan santan kental, kenampakan santannya menggumpal dan tidak menyatu dalam (kuah) masakannya.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar saat memasak dengan santan kental, santannya bisa menyatu dengan masakan atau santannya tidak pecah. Berikut ini tips yang bisa kamu praktekkan di rumah.

  1. Pengadukan secara terus menerus dan konsisten setelah santan kental dimasukkan
    Kesalahan yang sering dilakukan ketika memasak dengan santan adalah tidak mengaduknya secara terus menerus. Alasannya karena pegal atau capek jika harus mengaduk secara terus menerus dan konsisten sampai mendidih. Padahal jika masakan tidak diaduk secara terus menerus dan konsisten selama belum mendidih akan membuat santan memisahkan atau pecah.
  2. Gunakan api kecil sampai sedang saat santan kental sudah dimasukkan
    Apabila kamu telah memasukkan santan kental ke dalam masakan, pastikan api yang kamu gunakan dalam posisi kecil sampai sedang. Penggunaan api yang terlalu besar akan membuat santan menjadi lebih mudah pecah.
  3. Masukkan santan encer terlebih dahulu hingga mendidih, barulah masukkan santan kental
    Apabila kita menggunakan dua jenis santan saat memasak makanan, maka masukkan santan encer terlebih dahulu dan masak santan sampai mendidih. Setelah mendidih, barulaj kita masukkan santan kental.
  4. Tambahkan sedikit tepung beras dalam santan murni atau kental
    Ada cara lain untuk meminimalisir agar santan tidak pecah, yaitu dengan menambahkan sedikit tepung beras dalam santan murni atau kental. Kemudian aduk-aduk agar santan dan tepung beras dapat tercampur rata. Setelah itu, barulah kemudian santan dimasukkan dalam masakan.
  5. Gunakan santan instan atau siap pakai.
    Tips yang terakhir ini adalah yang paling simpel dan jarang kejadian santan pecah, yaitu dengan menggunakan santan instan atau santan siap pakai. Santan jenis ini dapat kamu beli di warung yang ada didekat rumahmu atau di supermarket/minimarket di sekitar rumahmu. Kamu pasti penasaran kenapa jika menggunakan santan instan bisa tidak pecah. Hal ini dikarenakan santan instan sudah ditambahkan bahan penstabil atau emulsifier sehingga ketika dimasak santan tersebut akan tetap stabil konsistensinya.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *