Sambal Goreng Hati Sapi

Tips Membuat Sambal Goreng Hati Sapi Enak dan Istimewa

Posted on

Tips membuat sambal goreng hati sapi enak dan istimewa- Selain disajikan ketika lebaran tiba, sambal goreng hati sapi juga bisa disajikan ketika ada hajatan di rumah. Atau juga bisa disajikan sebagai sajian istimewa untuk keluarga di rumah.

Proses pembuatan sambal goreng hati sapi ini cukup mudah. Lebih mudah daripada membuat opor. Tahapannya juga lebih singkat. Bumbunya juga lebih sederhana. Jadi buat kamu yamg masih amatiran dalam hal masak memasak, kamu tak perlu takut gagal untuk mencobanya.

  1. Gunakan hati sapi yang masih segar
    Sambal goreng hati sapi akan terasa lebih lezat jika menggunakan hati sapi yang masih segar. Hati sapi yang masih segar berwarna merah gelap yang merata serta memiliki bau yang tidak terlalu anyir. Apabila hati sapi dibelah, tidak ada gurat keputihan atau lubang kecil yang menandakan hati mengandung cacing. Selain itu, jika hati sapi diraba, permukaannya akan terasa mulus tanpa benjolan atau gumpalan.
  2. Cuci hati sapi sampai bersih
    Cuci hati sapi dengan air mengalir. Pencucian hati sapi ini cukup sebentar saja agar hati sapi tidak hancur. Dengan mencuci hati sapi terlebih dahulu, kita telah menghilangkan darah yang mungkin masih menempel pada hati sapi. Sehingga darah tersebut tidak ikut masuk ke dalam makanan yang akan kita buat.
  3. Rebus hati sapi bersama daun salam, jahe, dan daun jeruk untuk menghilangkan bau anyirnya
    Setelah dicuci, hati sapi ini kemudian direbus bersama dengan daun salam, jahe, dan daun jeruk. Tujuannya agar bau anyir yang ada pada hati sapi dapat hilang. Perebusan hati sapi ini hanya sampai setengah matang saja ya. Kira-kira sekitar 8 sampai 10 menit. Atau sampai hati sapi berubah warna menjadi merah muda. Jika sudah, tiriskan hati sapi dan biarkan hingga dingin. Barulah setelah itu kita potong kecil-kecil hati sapi agar cepat matang. Potongan hati sapi ini bisa berbentuk kotak menyerupai dadu. Atau bisa juga agak memanjang sedikit seperti balok. Gunakan pisau tajam dan sudah diasah saat memotong hati sapi. Sebab, jika memotong hati sapi dengan pisau tumpul akan membuat tekstur hati jadi hancur dan pecah.
  4. Tumis bumbu sambal goreng hati sampai aroma harumnya keluar
    Bumbu yang digunakan untuk membuat sambal goreng hati sapi adalah cabe merah besar, bawang putih, bawang merah, kemiri sangrai, terasi, garam, dan gula merah. Haluskan semua bumbu ini. Kamu bisa mempergunakan blender atau ulekan untuk menghaluskannya. Setelah dihaluskan, bumbu tersebut kemudian ditumis dengan sedikit minyak sampai aroma harumnya keluar.
  5. Jangan sampai ketinggalan untuk menambahkan santan
    Jangan sampai ketinggalan untuk menambahkan santan karena santan inilah yang akan membuat sambal goreng hati sapi yang kamu buat terasa gurih dan kaya rasa. Tuangkan santan ke dalam tumisan bumbu yang sudah harum, kemudian masak hingga mendidih.
    Masukkan santan terlebih dahulu, barulah hati sapi dimasukkan. Agar hati sapi tidak terlalu matang dan menjadi berterkstur keras karena proses pemasakan yang lebih lama.
  6. Masukkan hati sapi, lalu masak dalam santan sampai kuah meresap
    Masukkan hati sapi yang telah dipotong-potong ke dalam kuah santan yang telah mendidih. Aduk sesekali saja hanya untuk meratakan hati sapi supaya terkena bumbu secara merata. Masak sambal goreng hati sapi hingga bumbu meresap sempurna ke dalam hati sapi.
  7. Tambahkan irisan cabai merah besar
    Jika kamu pecinta pedas, kamu bisa menambahkan irisan cabe merah besar saat memasak sambal goreng hati sapi ini. Rasa pedas ini akan membuat sambal goreng hati sapi menjadi semakin mantap.
  8. Tambahkan Pete
    Pete emang dihindari oleh sebagian besar orang karena baunya. Tapi taukah kamu kalo bau pete yang tajam dan khas ini akan membuat sambal goreng menjadi lebih nikmat dan sedap.

Mengenai resep bisa kamu simak di Cara Membuat Sambal Goreng Hati Sapi Enak dan Istimewa .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *