selai nanas

Tips Membuat Selai Nanas yang Enak Legit dan Tahan Lama

Posted on

Tips membuat selai nanas yang enak, legit, dan tahan lama- Masyarakat pada umumnya lebih suka membeli selai nanas yang sudah jadi meskipun harganya cukup mahal. Alasannya karena ingin yang praktis dan tidak tahu caranya. Padahal cara pembuatan selai nanas ini sangatlah mudah, hanya saja penuh kesabaran karena memerlukan waktu yang cukup lama.

Disamping itu, alasan lain orang-orang lebih suka membeli selai yang sudah jadi adalah karena selai yang dijual lebih tahan lama dibandingkan yang kita buat sendiri. Padahal, bisa jadi selai yang dijual dipasaran tersebut dapat tahan lama karena menggunakan bahan pengawet. Meskipun diperbolehkan, tapi sebenarnya bahan pengawet sangatlah tidak baik untuk tubuh kita. Selain itu, apakah kamu yakin bahwa nanas yang digunakan oleh penjual tersebut kualitasnya bagus? Oleh karena itu, cobalah membuat sendiri selai nanas di rumah.

Baca juga: Resep anti gagal membuat cilok teri medan yang lezat

Ketika kamu ingin membuat selai nanas, gunakanlah buah nanas segar yang sudah masak, tapi jangan yang agak busuk ya. Karena buah yang terlalu matang dan cenderung agak busuk akan membuat selai menjadi tidak tahan lama. Sedangkan buah yang kurang matang akan berpengaruh pada kelezatan dan legitnya selai nanas.

Kupas nanas yang akan digunakan untuk membuat selai. Jangan lupa juga untuk membuang bagian matanya karena mata nanas inilah yang seringkali menimbulkan rasa agak gatal saat dikonsumsi nantinya. Setelah itu, cuci nanas hingga bersih.

Setelah nanas dikupas, jangan gunakan blender untuk menghancurkannya karena hal tersebut sangat tidak dianjurkan. Nanas yang dihancurkan dengan blender akan mengeluarkan terlalu banyak air dan akan menjadi terlalu lembek jika sudah jadi selai nanas. Gunakan saja parutan biasa atau juga bisa menggunakan parutan keju. Pastikan parut yang digunakan cukup tajam sehingga nanti hasilnya tidak terlalu berserat.

Tambahkan bahan lain seperti gula pasir, garam, cengkeh, dan kayu manis ketika air mulai set. Penambahan gula ini dilakukan diakhir karena jika ditambahkan diawal, gula akan membentuk karamel dan membuat selai yang kita buat nanti akan cepat gosong dan menghitam. Jangan lupa juga untuk sering mengaduk selai agar bagian bawah selai tidak gosong dan menghitam. Penambahan garam pada pembuatan selai ini bertujuan untuk menghilangkan rasa pahit khas buah nanas.

Baca juga: Resep otak-otak ikan tengiri dengan saus kacang lembut

Pastikan selai yang dibuat benar-benar kering atau sedikit mengandung air. Sebaiknya gunakan nanas palembang karena nanas jenis ini biasanya tidak terlalu banyak mengandung air sehingga mempercepat proses pembuatannya.
Sekian tips mengenai cara pembuatan selai nanas agar selai nanas yang dihasilkan enak, legit, dan tahan lama. Nah, untuk cara pembuatannya, silahkan simak resepnya berikut ini.

selai nanas

Bahan:

  • 3 kg buah nanas
  • 2 batang kayu manis
  • 4 batang cengkeh
  • 400 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat:

  1. Kupas nanas dan jangan lupa juga untuk buang bagian matanya. Setelah itu, cuci nanas hingga bersih.
  2. Setelah dicuci, parut kasar nanas.
  3. Masukkan nanas ke dalam wajan anti lengket, kemudian masak nanas dengan api kecil. Masak hingga air nanas set.
  4. Setelah air mulai set, tambahkan gula pasir, kayu manis, cengkeh, dan garam. Masak sambil terus diaduk hingga air nanas benar-benar set dan dirasa selai bisa dipulung.
  5. Setelah itu, angkat selai nanas dan dinginkan. Selai nanas siap untuk digunakan.

Baca juga: Resep bakso bakar madu maknyos

Sekian tips pembuatan selai nanas yang enak, legit, dan tahan lama. Mudah sekali bukan? Selain dapat digunakan untuk roti tawar, selai nanas ini juga bisa digunakan untuk bahan isian nastar dan jenis roti lainnya. Jadi selain kamu gunakan sendiri, selai nanas ini bisa kamu jual di pasaran. Lumayanlah untuk menambah penghasilan agar dapur rumah tetep ngepul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *