Sambal Goreng Hati Sapi

Tips Memilih dan Mengolah Hati Sapi Agar Empuk dan Tidak Berbau Anyir

Posted on

Tips memilih dan mengolah hati sapi agar empuk dan tidak berbau anyir- Ada banyak olahan hati sapi yang bisa kamu buat. Salah satunya adalah sambal goreng hati sapi. Kamu bisa membaca resepnya di cara membuat sambal goreng hati sapi enak dan istimewa. Eits tunggu dulu, sebelum kamu mengolah hati sapi menjadi sambal goreng hati sapi, alangkah baiknya jika kamu memperhatikan beberapa tips saat membeli hati sapi beserta tips pengolahannya agar bisa empuk dan tidak berbau anyir.

  1. Gunakan hati sapi yang masih segar
    Ada beberapa acun yang bisa kamu pake ketika memilih hati sapi. Perhatikan warna, tekstur permukaan, dan aromanya. Hati sapi yang masih segar mempunyai warna merah terang dan merata. Tekstur permukaan hati sapi yang masih segar akan terasa mulus dan tidak terdapat benjolan atau gumpalan ketika diraba. Aroma hati sapi yang masih segar tidak berbau amis atau anyir yang terlalu kuat. Hindari membeli hati sapi yang beku karena hati sapi yang bukan akan sulit mengecek kesegarannya.
  2. Cuci hati sapi sampai banar-benar bersih
    Meskipun kamu membeli hati sapi segar, namun tidak menjamin kalau hati sapi tersebut bebas dari kuman. Kamu tetap harus mencucinya terlebih dahulu ketika akan dimasak. Cuci sebentar saja di air mengalir sampai darahnya benar-benar hilang. Hindari mencuci hati sapi terlalu lama karena dapat membuat hati sapi jadi hancur.
  3. Rebus hati sapi terlebih dahulu bersama daun salam, jahe, dan daun jeruk
    Sebelum diolah menjadi makanan yang lezat, alangkah baiknya jika hati sapi direbus terlebih dahulu bersama daun salam, jahe, dan daun jeruk. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau anyir yang ada pada hati sapi. Perlu diingat kalo perebusan hati sapi ini hanya sampai setengah matang saja karena nantinya hati sapi akan diolah kembali bersama bumbu.
    Setelah direbus, kamu bisa memotongnya menjadi berbentuk dadu. Ukuran potongan bisa disesuaikan dengan jenis masakan yang akan dibuat. Namun pastikan ukuran hati sapi tidak terlalu kecil. Karena jika potongan hati sapi terlalu kecil akan membuatnya mudah hancur.
  4. Hindari memasak hati sapi terlalu lama
    Apa pun jenis hidangan yang akan anda buat, pastikan kalo kamu tidak memasak hati sapi terlalu lama.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu bisa mendapatkan hati sapi kualitas terbaik. Selain itu, kamu juga bisa mengolahnya menjadi aneka olahan yang lezat dan tidak mengecewakan. Selamat mencobanya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *